Cloth filter diantara tasty dan nasty

by mirzaluqman

Siapa yang tidak suka dengan cloth filter yang akan menjaga body kopi yang anda seduh tetap ada di cangkir, karena filterisasi yang berbeda bahan dengan kebanyakan paper filter jadi filter kopi berbahan kain flanel buatan hario japan ini sangat membantu untuk mewujudkan extraksi yang lebih baik yang juga dikarenakan pori-pori filter berbahan kain ini lebih rapat bila dibandingkan dengan Kertas sehingga membuat extraksi lebih dapat menghasilkan rasa lebih bila dibandingkan dengan kain, atau saya bisa sebut more tasty tetapi apa daya kain adalah bahan yang mudah menyerap bau dan saya memiliki pengalaman yang sangat nasty dengan hasil brew cloth filter yang mendapati aroma kain apek yang merusak rasa kopi kesukaan saya, baik itu filter kain untuk siphon atau untuk drip pot wood-neck hario. Setelah berhari-hari mencari titik masalahnya akhirnya saya menemukan penyebab terjadinya bau di cloth filter, masalah klasik yaitu kebersihan filt setelah digunakan dan pada saat di simpan filter mengumpulkan bau apek dari lembabnya kain tersebut. Ini beberapa hal yang saya lakukan untuk menghindari dari bau filter yang tidak baik:

  1. Bagi yang baru membeli alat seduh yang dilengkapi cloth filter, sebaiknya filter nya di rebus dulu diair mendidih agar bau kain baru tidak menempel di rasa kopi anda.
  2. Setelah cukup waktu untuk membuat aroma kain hilang (kalau saya cukup 5-10 menit), lalu basuh dengan air suhu ruang dan peras agar tidak mengandung air yang banyak.
  3. Jika ingin di gunakan jangan lupa merendam terlebih dahulu diair panas sekitar 1 menit, jika tidak ingin digunakan disarankan direndam dengan air suhu ruang disebuah wadah dan disimpan dilemari es agar kelembaban kain dapat terjaga disuhu yang cukup stabil.
  4. Setelah pemakaian juga dianjurkan untuk segera dibersihkan dan direndam dengan air panas selama 1 menit, lalu dapat dilakukan cara pada nomor 3 jika ingin disimpan.
  5. Jika cloth filter sudah cukup sering dipakai pastikan kelayakan bahan kain yang dijadikan filter, jangan sampai aroma tengik dari kain yang sudah cukup lama digunakan menjadikan cangkir kopi seduh anda menjadi nasty cup
  6. Ganti cloth filter anda jika sudah menimbulkan bau yang menjengkelkan
Advertisements